Rabu, 16 November 2011

Watu Ulo

pantai watu ulo
Kota jember memiliki pesona pantai yang cukup indah, sebut saja pantai watu ulo yang terletak di sebelah selatan kota jember kurang lebih 45 km dari kota jember yaitu berada pada gugusan samudera indonesia,jangan kuatir untuk mencapat pantai watu ulo anda bisa menggunakan barbagai jenis kendaraan,Akses menuju Pantai Watu Ulo sudah lancar berupa jalan aspal berupa aspal selebar 3 m dan dapat dcapai dengan kendaraan umum. Selain itu fasilitas parkirnya juga cukup untuk menampung banyak kendaraan pribadi.kenapa disebut watu ulo atau batu ular ( dalam bahasa indonesia ). Benar sekali, karena di pantai ini terdapat sebuah batu panjang yang berbentuk seperti ular bersisik, banyak cerita yang melatarbelakangi pantai watu ulo, Menurut cerita rakyat dikatakan bahwa pada jaman dahulu kala ada sebuah ular yang sedang bertapa di pantai itu. Setelah terkabul permohonannya kepada Yang Maha Kuasa maka berwujudlah ia menjadi sebuah batu yang persis seekor ular dengan kepalanya menjulur ke laut, sedang badannya berada di daratan.
Pada saat musim air pasang,ombak pantai watu ulo cenderung ganas dan pihak pengelola melarang pengunjung untuk mandi di pantai.Namun bagi pengunjung yang ingin berenang dapat bebas berenang di pantai pasir putih Tanjung Papuma yang terletak tidak jauh dari Pantai watu Ulo,hanya harus sedikit melanjutkan perjalanan menyusuri lereng gunung.
Di pantai watu ulo juga terdapat gua kelelawar atau gua lawa,gua ini memiliki kedalaman lebih dari 100m, banyak sekali kelelawar di dalam gua tersebut. Pengunjung bisa memasuki gua tersebut, melewati pantai berpasir. Karena tempatnya yang sunyi,gua ini sering dijadikan tempat meditasi bagi orang-orang tertentu.
Selain Gua kelelawar terdapat goa jepang, goa jepang sebenarnya adalah sebuah benteng jepang. Pada jaman pendudukan Jepang, pegunungan di sekitar Pantai Watu Ulo dijadikan benteng pertahanan dan pengintaian bala serdadu musuh yang mau menyusup daratan melalui pantai. Benteng jepang ini berjumlah lima buah, salah satu objek yang bisa anda kunjungi untuk berwisata.

Letak Pantai Watu Ulo

pantai yang terletak di pantai selatan Jawa Timur, tepatnyua di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, Jember, kira-kira 45 km di sebelah selatan kota Jember.
jalur luar kota jember ke pantai Watu Ulo
1. Dari arah Surabaya – Pasuruan – Probolinggo – Lumajang – Tanggul – Jember – Ambulu – Lokasi Pantai Watu Ulo
2. Dari Denpasar – Banyuwangi – Jember – Ambulu – Lokasi Pantai Watu Ulo.
TIKET MASUK
Masuk kawasan Pantai Watu Ulo Rp.5000
Masuk kawasan Papuma Rp.5000
Jadi total hanya sekitar Rp.10.000 per orang kita sudah bisa menikmati keindahan yang sangat eksotik ini.
Biaya parkir mobil Rp.2000

Fasilitas Watu Ulo

- Warung Makanan Dan Minuman
- Kantor UPTD
- Musholla
- Jalan Hotmixed
- Telepon Umum
- Listrik / Air
- Playground (Taman Bermain)
- Camping Ground(Areal Berkemah)
- Souvenir Shop (Kios Souvernir)
- MCK
- Tempat Parkir

Acara Pantai :

-PEKAN RAYA WATU ULO diselenggarakan pada tiap 1 Syawal s/d 10 Ayawal (lebaran) yng merupakan acara tradisi dalam rangka memberikan hiburan untuk masyarakat
- LARUNG SESAJI PANTAI WATU ULOdiselenggarakan pada tanggal 7 Syawal (hari Raya ketupat) dengan maksud sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki yang diberikan kepada para nelayan khususnya dan masyarakat Sumberrejo pada umumnya.
menikmati indahnya pantai watu ulo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar